Terbit Oleh:
Cara Membaca Titik Koordinat - Salah tau hal penting yang harus dikuasai dalam bernavigasi di daratan adalah kemampuan membaca titik koordinat peta.
Dalam ilmu navigasi darat ada hal penting yang paling mendasar dalam membaca koordinat peta. Kemampuan membaca koordinat peta dengan cepat dan tepat sangat membantu sekali dalam melakukan kegiatan di alam bebas seperti hutan, gurun, dan laut. Untuk itu kita membutuhkan pengetahuan dasar bagaimana menggunakan sebuah peta.

Berbicara mengenai cara membaca peta, pasti kita tidak bisa lepas dengan yang namanya titik koordinat, betul bukan ?

Bagi mereka yang mempunyai jiwa petualang yang tinggi dan suka berkeliaran di alam bebas dan mendapat kondisi gps tidak berfungsi, cara melakukan navigasi darat merupakan pelatihan dasar yang perlu di pahami. Konten ini akan memberikan praktek awel yang langsung digunakan dalam membaca peta supaya bisa dipahami oleh para calon pendaki.

1. Peta apa yang harus kita pelajari ?

Karena penjelasanya cukup panjang maka kami referensikan tulisan lain di blog sejenis berjudul "Navigasi Darat, menggunakan peta apa ?"


2. Apa itu Koordinat ?

Titik koordinat adalah sistem atau ukuran angka yang digunakan dalam menentukan suatu lokasi.
Cara Membaca Titik Kordinat
Gambar diatas adalah koordinat Kartesius. Untuk menentukan sebuah posisi digunakan 2 buah garis yang disebut garis X dan garis Y. Garis X mewakili nilai Horisontal dan garis Y mewakili nilai Vertikal. Nilai perpaduan antar 2 buah garis tersebut adalah posisi titik yang berada pada sistem tersebut.

Contoh :
  • Koordinat titik A adalah (2,3)
  • Koordinat titik B adalah (3,-3)
  • Koordinat titik C adalah (-5,4)
  • Koordinat titik D adalah (-5,2)

Sebelum membaca koordinat peta kita harus paham terlebih dahulu tentang sistem koordinat supaya bisa mengetahui titik kordinat saat ini.

Artikel Terkait